Selamat Datang/Sugeng Rawuh/Welcome
image

Senja


calm, confident, cool and extraordinery
image
image
image
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Kategori
GEGAMA
image

GEGAMA KITA..

Chat Box




 

 

Instagram
image

Karikatur Ayo Tumbuhkan Mangrove
image

Karikatur Ayo Tumbuhkan Mangrove personil Subdit Rehabilitasi dan Reklamasi.

Pengunjung

 




widgets

 

 

Pesona Lingkungan Hidup
image

Sebuah catatan pribadi yang penuh dengan cacat namun banyak yang erat dengan lingkungan.

YM
K4mu5 4L4y
image

Kamusnya orang 4L4y

Kilas Berita


SLINK

Upacara Pernikahan Ala Pengantin Jawa

image

Video Ijab Qobul

Seremonial Ijab Qobul pernikahan yang di abadikan dengan video. (Pemilu 2019-Prasenja)

Pada upacara pengantin Jawa, iringan pengantin pria memasuki pelataran rumah pengantin wanita dan keluarga pengantin wanita siap untuk menyambutnya. (Pemilu2019-Prasenja)Iringan Pengantin Pria yang menunggu untu disambut keluarga pengantin wanita

Iringan Pengantin Pria yang menunggu untu disambut keluarga pengantin wanita

Pengantin Pria bersama orang tuanya yang menunggu untuk disambut keluarga pengantin wanita pada upacara pengantin Jawa. (Pemilu2019-Prasenja)Pengantin Pria beserta orang tuanya yang menunggu untuk disambut keluarga pengantin wanita

Pengantin Pria yang sedang disambut oleh keluarga pengantin wanita. (Pemilu2019-Prasenja)Pengantin Pria memasuki pelataran pengantin wanita dan disambut kelaurga pengantin wanita.

Dalam upacara pengantin Jawa , pengantin wanita mengitari pengantin pria sebanyak tiga kali bermakna pengantin pria sudah menjadi miliknya seutuhnya. (Pemilu2019-Prasenja)Pengantin wanita mengitari pengantin pria sebanyak tiga kali bermakna pengantin pria sudah menjadi miliknya seutuhnya.


Ayah pengantin wanita memberi minum kepada pengantin pria yang artinya sang ayah merestui pernikahan anaknya.

Pada upacara pengantin Jawa, a yah pengantin wanita memberi minum kepada pengantin pria yang artinya sang ayah merestui pernikahan anaknya. (Pemilu2019-Prasenja)

Ayah pengantin wanita memberi minum kepada pengantin pria yang artinya sang ayah merestui pernikahan anaknya.

Pada upacara pengantin Jawa, a yah pengantin wanita memberi minum kepada pengantin wanita yang artinya sang ayah merestui pernikahan anaknya. (Pemilu2019-Prasenja)


pengantin pria menginjak telor dengan kaki kanan dan pengantin perempuan mencuci kaki tersebut dengan air bunga – yang artinya sebagai tanda bakti seorang isteri kepada suami, serta kesiapan seorang suami untuk menjadi kepala keluarga yang bertanggung-jawab.

Pada upacara pengantin Jawa, pengantin pria menginjak telor dengan kaki kanan dan pengantin perempuan mencuci kaki tersebut dengan air bunga – yang artinya sebagai tanda bakti seorang isteri kepada suami, serta kesiapan seorang suami untuk menjadi kepala keluarga yang bertanggung-jawab. (Pemilu2019-Prasenja)


Penganti pria membantu pengantin wanita untuk berdiri setelah upacara pecah telur. Penganti pria membantu pengantin wanita untuk berdiri setelah upacara pecah telur. (Pemilu2019-Prasenja)


upacara ‘sinduran’ [sindur adalah semacam selendang berwarna merah, berpinggir putih berliku-liku]. Sindur ini ‘dikrukubkan’ di pundak penganten oleh ibu pengantin putri, kemudian bapak ‘menyeret’ pengantin pelan-pelan menuju pelaminan, ibu pengantin putri ikut ‘mendorong’ dari belakang. [Seperti main  ] Katanya, artinya: bapak-ibu menunjukkan jalanīŠkereta-keretaan  menuju kebahagiaan dan dorongan dalam membina rumah tangga. Sindur yang berpinggir lekuk-lekuk putih ada artinya lho yaitu: jalan hidup itu tidak lurus tapi berliku-liku, kadang diatas kadang dibawah upacara ‘sinduran’ [sindur adalah semacam selendang berwarna merah, berpinggir putih berliku-liku]. pada upacara pengantin Jawa, s indur ini ‘dikrukubkan’ di pundak penganten oleh ibu pengantin putri, kemudian bapak ‘menyeret’ pengantin pelan-pelan menuju pelaminan, ibu pengantin putri ikut ‘mendorong’ dari belakang. Artinya: bapak-ibu menunjukkan jalan menuju kebahagiaan dan dorongan dalam membina rumah tangga. Sindur yang berpinggir lekuk-lekuk putih ada artinya lho yaitu: jalan hidup itu tidak lurus tapi berliku-liku, kadang diatas kadang dibawah. (Pemilu2019-Prasenja) upacara ‘sinduran’ [sindur adalah semacam selendang berwarna merah, berpinggir putih berliku-liku]. Sindur ini ‘dikrukubkan’ di pundak penganten oleh ibu pengantin putri, kemudian bapak ‘menyeret’ pengantin pelan-pelan menuju pelaminan, ibu pengantin putri ikut ‘mendorong’ dari belakang. Artinya: bapak-ibu menunjukkan jalan menuju kebahagiaan dan dorongan dalam membina rumah tangga. Sindur yang berpinggir lekuk-lekuk putih ada artinya lho yaitu: jalan hidup itu tidak lurus tapi berliku-liku, kadang diatas kadang dibawah


Upacara Timbangan

Pada upacara pengantin Jawa, ses ampainya di pelaminan, bapak pengantin perempuan duduk dan memangku kedua pengantin – namanya upacara timbangan – ibu bertanya pada bapak: ‘abot endi pak?’ [berat mana pak?] – bapak menjawab: ‘pada abote’ [beratnya sama] – yang artinya: kasih sayang terhadap anak dan mantu sama besarnya, tidak membeda-bedakan. (Pemilu2019-Prasenja)


Upacara ‘kacar-kucur‘ – pengantin kakung mengucurkan dari sebuah kantong yang berisi: kedelai, kacang, padi, jagung, beras kuning, bunga dan uang receh, ke sehelai kain di pangkuan pengantin. Yang artinya: suami memberi semua penghasilannya pada isteri, dan isteri menerima dengan sepenuh hati dan akan mengelolanya dengan sebaik-baiknya secara bertanggung jawab. Upacara ‘kacar-kucur‘ – pada upacara pengantin Jawa, pengantin pria mengucurkan dari sebuah kantong yang berisi: kedelai, kacang, padi, jagung, beras kuning, bunga dan uang receh, ke sehelai kain di pangkuan pengantin. Yang artinya: suami memberi semua penghasilannya pada isteri, dan isteri menerima dengan sepenuh hati dan akan mengelolanya dengan sebaik-baiknya secara bertanggung jawab. (Pemilu2019-Prasenja)


pengantin wanita menyuapi pengantin pria. Pengantin makan sepiring berdua, dan saling menyuapi. Maknanya: akan selalu bersama dalam susah maupun senang.

Pada upacara pengantin Jawa, pengantin wanita menyuapi pengantin pria. Pengantin makan sepiring berdua, dan saling menyuapi. Maknanya: akan selalu bersama dalam susah maupun senang. (Pemilu2019-Prasenja)


pengantin pria menyuapi pengantin wanita. Pengantin makan sepiring berdua, dan saling menyuapi. Maknanya: akan selalu bersama dalam susah maupun senang.

Pada upacara pengantin Jawa, pengantin pria menyuapi pengantin wanita. Pengantin makan sepiring berdua, dan saling menyuapi. Maknanya: akan selalu bersama dalam susah maupun senang. (Pemilu2019-Prasenja)


Pengantin saling menyuapi minuman yang bermakna mereka berdua saling memberi dan melengkapi.

Pada upacara pengantin Jawa, p engantin saling menyuapi minuman yang bermakna mereka berdua saling memberi dan melengkapi. (Pemilu2019-Prasenja)


Sungkeman pengantin, kepada Orang Tua Pengantin Pria sebagai tanda bakti kepada orangtua.

Pada upacara pengantin Jawa , sungkeman pengantin, kepada Orang Tua Pengantin Pria sebagai tanda bakti kepada orangtua. (Pemilu2019-Prasenja)


Pengantin foto bersama orang tua pengantin pria. Pengantin foto bersama orang tua pengantin pria. (Pemilu2019-Prasenja)


Fotografer dan keluarga, foto bersama pengantin. Fotografer dan keluarga, foto bersama pengantin. (Pemilu2019-Prasenja)

 

Tue, 22 Apr 2014 @08:30


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+1+0

Komentar Terbaru
Arsip
Copyright 2018 Prasenja All Rights Reserved