Selamat Datang/Sugeng Rawuh/Welcome
image

Senja


calm, confident, cool and extraordinery
image
image
image
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Kategori
GEGAMA
image

GEGAMA KITA..

Chat Box




 

 

Instagram
image

Karikatur Ayo Tumbuhkan Mangrove
image

Karikatur Ayo Tumbuhkan Mangrove personil Subdit Rehabilitasi dan Reklamasi.

Pengunjung

 




widgets

 

 

Pesona Lingkungan Hidup
image

Sebuah catatan pribadi yang penuh dengan cacat namun banyak yang erat dengan lingkungan.

YM
K4mu5 4L4y
image

Kamusnya orang 4L4y

Kilas Berita


SLINK

Rehabilitasi Menuju Pantai Lestari, Menyongsong Karangsong Menjadi Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove

image

Kerusakan pantai di Karangsong telah terjadi sejak dahulu. Terdapat sekitar 45 ha lahan tanah timbul akibat sedimentasi  di Karangsong selama kurun waktu 1969 – 1983 (WI-IP, 2001). Akan tetapi, sayangnya, sekitar tahun 1985-an masyarakat mulai mengkonversi mangrove di sempadan pantai untuk tambak dan peruntukan non mangrove. Bahkan sejak 1983 - 2008, sedikitnya 127.30 ha pantai Karangsong terabrasi. Salah satu penyebabnya karena dibelokannya aliran DAS Sungai Cimanuk pada tahun 1983 ke arah Waledan-Lamaran Tarung. Pembelokan tersebut menyebabkan perairan pesisir Desa Karangsong tidak lagi mendapatkan suplai sedimen.

 

Implikasi dari kerusakan ekosistem mangrove telah banyak dirasakan oleh masyarakat pesisr Desa Karangsong, salah satunya yaitu hasil tangkapan yang semakin menurun.  Oleh karena itu, KKP melalui Direktorat Pendayagunaan Pesisir, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut berupaya untuk memulihkan kerusakan wilayah pesisir tersebut guna mendukung industrialisasi perikanan serta mengantisipasi perubahan iklim global. Berbagai program telah dilakukan sejak tahun 2009 melalui penanaman sebanyak 110.000 batang Rhizophora, tiga tahun berselang yaitu pada tahun 2012 dilakukan pula penanaman 26.000 mangrove melalui dana dekonsentrasi. Dilanjutkan melalui dana dekonsentrasi pula, pada tahun 2013 sebanyak 26.000 batang mangrove dan tahun 2014 sebanyak 21.000 batang mangrove.

 

Pada tahun 2015 KKP melalui Direktorat Pendayagunaan Pesisir, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut melakukan penanaman mangrove sebanyak 306.500 batang mangrove dan membangun bedeng pembibitan yang mampu menampung 50.000 bibit sekali melakukan pembibitan. Penanaman yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi kerusakan dan melakukan perbaikan lingkungan dan pembuatan bedeng pembibitan dilakukan guna menyediakan bibit yang tingkat harapan hidupnya tinggi untuk penyulaman dan perluasan upaya rehabilitasi di Karangsong. Karena program rehabilitasi menjadi penting dengan pemulihan ekosistem seperti penanaman mangrove dan lain sebagainya prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pengelolaan pesisir dan lautan.

 

 

Wed, 16 Dec 2015 @17:23


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+4+2

Komentar Terbaru
Arsip
Copyright 2017 Prasenja All Rights Reserved